Jelajah
IMG-LOGO
Berita Lokal

Menembus Pasar Modern dan Tradisional Melalui Strategi Pemasaran yang Tepat, Mahasiswa KKN UNDIP Beri Pendampingan Terkait Strategi Pemasaran Suatu Produk

Create By Priyo Suryono 19 August 2024 132 Views
IMG

Program Kerja (Proker) Mahasiswa KKN Tim II Undip 2024 berfokus pada edukasi dan pendampingan strategi pemasaran produk telah berhasil dilaksanakan di Desa Girirejo Kecamatan Ngablak pada hari Selasa 30 Juli 2024 di rumah ibu Juwariah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) setempat dalam memasarkan produknya sehingga dapat meningkatkan daya saing dan pendapatan mereka.

 

Berdasarkan observasi awal, Desa Girirejo termasuk desa wisata yang banyak dikunjungi oleh para pendaki, dan memiliki potensi besar di sektor pertanian, namun belum mampu memasarkan produknya secara efektif. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya branding produk, pengemasan produk yang kurang menarik, kurangnya pengetahuan tentang strategi pemasaran digital dan terbatasnya akses terhadap informasi pasar.

 

Melihat potensi besar dan kendala yang dihadapi tersebut, Mahasiswa KKN Tim II Undip 2024, Fairuz Aqilah Fawwas dari program studi Agribisnis berinisiatif untuk menyelenggarakan program edukasi dan pendampingan terkait strategi pemasaran produk yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemasaran pelaku UMKM sehingga dapat meningkatkan daya saing produk UMKM lokal dan membuka peluang pasar yang lebih luas. Kegiatan berlangsung pada Selasa 30 Juli 2024 di rumah ibu Juwariah Dusun Sawit, Desa Girirejo.

 

Materi pelatihan meliputi analisis SWOT, segmentasi pasar, pengembangan produk, pemasaran digital dan evaluasi terkait strategi yang digunakan. Mahasiswa KKN bertindak sebagai fasilitator dan memberikan pendampingan secara langsung.

 

Setelah penyampaian materi, Tim KKN II Undip melakukan pendampingan secara langsung kepada setiap pelaku UMKM. Pendampingan dilakukan dengan cara tanya jawab atas permasalahan yang dihadapi, praktik dengan Menyusun rencana pemasaran yang lebih baik, dan mengevaluasi rencana pemasaran yang telah dibuat.

 

Kegiatan pendampingan ini disambut antusias oleh para pelaku UMKM Desa Girirejo. Mereka merasa terbantu dengan adanya program ini, terutama dalam hal pengetahuan mengenai pemasaran digital. Beberapa pelaku UMKM mengungkapkan bahwa mereka akan mencoba menerapkan strategi pemasaran baru yang telah dipelajari untuk meningkatkan penjualan produk mereka.

 

Harapannya, melalui program ini, program pendampingan ini dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan UMKM di Desa Girirejo. Para pelaku UMKM dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru dalam bidang pemasaran yang dapat diterapkan langsung dalam bisnis mereka. Kegiatan diakhiri dengan sesi dokumentasi bersama dengan seluruh peserta.

 

Penulis: Fairuz Aqilah Fawwas (Program Studi Agribisnis)

Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Kardison Lumban Batu, S. E., M. Sc.

Lokasi KKN: Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang

 

 

Tags: KKN Universitas Diponegoro, KKN UNDIP 2024, Mahasiswa KKN UNDIP